Apa Itu SEM? Penjelasan Serta Contohnya

Apa itu Search Engine Marketing (SEM)?

SEM adalah singkatan dari Search Engine Marketing yang berarti bentuk pemasaran di internet melalui kegiatan promosi website dengan cara meningkatkan visibilitas website itu sendiri di halaman hasil pencarian mesin telusur semacam Google (SERP). SEM ini mencakup taktik SEO yang sebelumnya telah kami bahas, dan juga beberapa teknik pemasaran terkait lainnya.

Komponen SEM?

Selain pengoptimalan bagi mesin telusur, SEM juga menyertakan penggunaan penelusuran berbayar sebagai komponen. Apa saja contohnya? Seperti daftar bayar per klik (PPC) dan iklan semacam Google Ads. Jadi sebagian besar, bentuknya adalah kampanye (iklan) dan kegiatan PPC. Nah jika Anda melakukan SEO, hal ini juga termasuk upaya SEM.
Udah paham kan? Lanjut ke Contohnya



CONTOH PENELITIAN PADA SEM

1. SEM Model Penuh
SEM dikatakan sebagai Model Penuh (Full Model) jika di dalamnya ada model pengukuran dan model struktural. Contohnya penelitian di bawah ini. Alekstimia dan Depresi diukur dengan menggunakan empat butir. Di sisi lain, Aleksitimia dihipotesiskan memberikan dampak pada tingginya Depresi.

1.  X1 hingga X4 mampu memanifestasikan Aleksitimia secara signifikanYang diuji pada Gambar 1 di atas adalah :
2.  Y1 hingga Y4 mampu memanifestasikan Depresi secara signifikan
3.  Aleksitimia berperan terhadap meningkatnya depresi
2. SEM Model Penuh dengan Mediator
Gambar 2 di bawah ini adalah contoh SEM dengan menggunakan variabel mediator, yaitu motivasi bekerja.
Hipotesis yang diajukan adalah Kualitas Kepemimpinan sebelum meningkatkan Produktivitas Kerja karyawan didahului dengan meningkatkan Motivasi Kerja karyawan terlebih dahulu. Motivasi Bekerja dihipotesiskan merupakan mediator peranan Kualitas Kepemimpinan terhadap Produktivitas Kerja karyawan.
Selain indikator variabel berupa butir, kita juga bisa melibatkan indikator berupa aspek atau faktor. Contoh Gambar 2 di bawah ini menunjukkan bahwa masing-masing variabel dimanifestasikan dalam tiga aspek atau faktor.
3.SEM Model Struktural dengan Mediator
(PathAnalysis/Analisis Jalur)                    


SEM juga bisa tidak melibatkan butir atau aspek/faktor akan tetapi langsung skor komposit variabelnya. Model ini biasa dinamakan dengan regresi atau analisis jalur. Contohnya gambar di bawah ini. Kualitas Kepemimpinan, Motivasi Bekerja dan Produktivitas Kerja langsung didapatkan dari skor total. Hipotesis pada gambar ini saya tambahi, Kualitas Kepemimpinan selain mempengaruhi Produktivitas kerja secara langsung, dia juga memberikan dampak secara tidak langsung, yaitu melalui Motivasi Bekerja.

0/Post a Comment/Comments

Lebih baru Lebih lama
Ads1
Ads2